Yuk Kenali Keunggulan dan Cara Memilih AC Low Watt yang Tepat

Tinggal di daerah dengan suhu udara yang cukup panas seringkali membuat seseorang merasa tidak nyaman. Tentu keberadaan AC dapat mengubah kondisi ruangan sehingga menjadi lebih sejuk. Saat membeli AC, anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan jenis AC salah satunya AC Low Watt. AC dengan daya rendah memiliki sejumlah kelebihan terutama jika anda memiliki rumah yang tidak terlalu besar. Berikut keunggulan dan tips memilih AC Low Watt yang tepat.

Keunggulan AC dengan Daya Rendah yang Perlu Anda Tahu

AC dengan daya rendah memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan jenis AC yang lain. Mungkin jika dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membuat ruangan dingin, AC ini paling lama. Namun, jika rumah anda memiliki daya listrik pas pasan tentu AC jenis ini dinilai lebih efektif. Selain itu, AC seperti ini juga sangat cocok jika sering dinyala matikan sehingga AAC hanya bekerja dalam waktu yang pendek saja. Contohnya AC untuk ruangan main anak anak.

memilih ac low watt Blue Star Multi

Di ruangan seperti ini biasanya AC hanya bekerja dalam waktu 2 tau 3 jam saja. Selain ruangan main anak anak, AC ini juga sangat cocok jika dipakai di ruangan karaoke, mengingat AC hanya dipakai jika pada saat ruangan digunakan saja. Ketika ruangan sudah tidak digunakan, maka AC akan segera dimatikan. Memilih AC low watt juga sangat cocok digunakan di ruang tamu atau kantor dan ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup.

Jika dibandingkan dengan AC interver, harga AC daya rendah juga lebih murah. Bahkan selisih harganya bisa mencapai dua kali lipat. Tentu ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan apabila anda memiliki budget yang terbatas. Selain itu AC ini juga memiliki tingkat efisiensi listrik lebih tinggi dibandingkan AC standar. Dan jelas jika dilihat dari tarikan listrik awal, AC hemat listrik dapat mengurangi tagihan biaya listrik anda.

Sebenarnya AC berdaya rendah memiliki sistem kerja yang sama dengan AC standar. Namun, yang membedakan berada pada jenis kompresor yang dipakai sehingga daya listriknya lebih kecil. AC jenis ini memperkuat kipas angin pada outdoor unit untuk mencapai kemampuan yang sama. Misalnya untuk AC Low Watt dari Sharp yang memakai daya listrik 690 W, sedangkan AC Standar 1PK dari Sharp yang menggunakan daya listrik 900 W.

Tips Membeli AC Dengan Daya Rendah

Setelah mengetahui beberapa keuntungan memilih AC low watt, anda tentu tertarik untuk membelinya. Lalu Bagaimana cara memilih AC yang tepat agar agar keunggulan di atas bisa anda dapatkan? Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat membeli AC hemat listrik, salah satunya yaitu fitur yang terdapat pada AC itu sendiri. Meskipun mengandalkan hemat energi listrik, tentu anda juga tidak boleh mengabaikan efektivitas dalam mendinginkan ruangan.

tips memilih ac low watt

Sebaiknya AC hemat listrik yang dapat menyejukkan ruangan lebih cepat dinilai lebih menguntungkan. Selain itu, anda juga perlu memilih AC yang dilengkapi dengan pemurnian udara dan penghilang debu. Namun, perhatikan juga apakah fitur tambahan seperti ini masih bisa tetap bekerja meskipun AC dimatikan sehingga tetap dapat mengurangi konsumsi listrik. Memilih AC low watt juga harus melihat brand produk untuk terjamin kualitasnya.

Itulah ulasan mengenai keuntungan dari penggunaan AC hemat listrik. Sebenarnya AC tipe standar atau inverter juga memiliki keunggulan masing masing. Hanya saja anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, agar keunggulan tersebut bisa anda rasakan. Sebagaimana jika memilih AC hemat listrik, maka sebaiknya anda menggunakannya di ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup atau penggunaan AC yang sering dinyala matikan.