Belajar Online Saat Pandemi? Simak Cara Penggunaan Zoom Meeting Untuk Pembelajaran

Saat ini metode pembelajaran berbasis e-learning sedang ngetrend di masyarakat. Pasalnya, sejak adanya pandemi virus corona ini, menyebabkan berbagai institusi pendidikan diliburkan demi memutus penyebaran Covid-19. Pembelajaran e-learning yang sering menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Dalam penggunaannya, guru bisa memberikan materi pembelajaran melalui video conference dengan bantuan sambungan internet. Berikut akan diulas cara penggunaannya.

Cara Penggunaan Zoom Untuk Pembelajaran

1. Download Aplikasi Zoom

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi Zoom, maka sebelumnya silahkan untuk mengunduh aplikasi satu ini melalui App Store atau Play Store. Untuk yang pengguna smartphone berbasis operasi sistem Android, maka pertama-tama pastikan handphone anda tersebut terkoneksi dengan internet. Kemudian kunjungi Playstore, cari aplikasi Zoom Cloud Meetings dan klik download. Yang terakhir tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Zoom Meeting Untuk Pembelajaran

2. Melengkapi Profil

Agar anda bisa menggunakan aplikasi Zoom ini, maka cara yang selanjutnya adalah anda wajib melakukan “sign up” atau pendaftaran. Anda bisa menggunakan akun email anda untuk mendaftar. Pertama, buka aplikasi Zoom kemudian pilih “Sign Up”. Pilih daftar melalui email dan Zoom akan mengirimkan url link ke kotak masuk email anda. Lalu bukalah email dan klik url link tersebut. Baru kemudian anda bisa melengkapi profil anda. Bila dirasa perlu, anda bisa melengkapi dengan photo atau informasi lainnya.

3. Cara Memulai Meetings

Sekarang saatnya anda untuk mencoba membuat sebuah ruang rapat virtual. Caranya yaitu buka aplikasi Zoom, cari pilihan “Meetings” yang ada di baris paling bawah dengan simbol jam dinding. Kemudian akan muncul Personal ID anda, dan tekan pilihan “Start”. Dengan begitu anda bisa memulai meeting anda dengan murid atau guru dan teman anda. Jangan lupa juga untuk menyalakan video dan suaranya.

Zoom Meeting Untuk Pembelajaran ZoomMeeting

Jika anda sebagai peserta, maka cara yang pertama adalah klik url link yang diberikan oleh Host anda. Masukkan password yang diberikan dan anda sudah bisa mengikuti meeting tersebut. Tetapi jika anda sebagai participant, maka ada beberapa pilihan untuk bisa mengundang peserta masuk ke dalam rapat yang anda buat. Pertama, di bagian tengah atas ada pilihan “Zoom” dan tanda panah ke bawah, tekan itu untuk melihat ID meeting room dan password.

ID meeting dan password tersebut bisa anda catat atau anda copy, kemudian bagikan melalui WhatsApp atau sms ke participants anda. Cara yang lainnya yaitu tekan participants lalu pilih “invite” atau undang. Kemudian “Copy Url” dan bagikan ke calon peserta rapat online tersebut melalui WhatsApp atau sms. Selalu ingatkan pada peserta rapat online, untuk selalu mengaktifkan video dan suara jika diperlukan.

Beberapa tips untuk anda agar bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi Zoom Meeting yaitu yang pertama klik “Share” dan bagikan berbagai file pada peserta. Kedua, mute atau senyapkan semua peserta jika ada yang sedang menjelaskan pembelajaran atau materi. Ketiga, pelajari jadwal meeting yang telah anda tetapkan dan siapkan bersama guru atau teman anda. Dan yang terakhir, selalu tekan “End” dan “End meeting for all” setelah melakukan meeting.

Aplikasi satu ini sangat membantu para guru, murid dan orang tua dalam melaksanakan sistem pembelajaran secara online. Karena ini merupakan salah satu inovasi yang terkait dengan e-learning selama masa pandemi seperti ini. Pada pembelajaran di abad ke-21 ini juga, akan erat kaitannya dengan proses pembelajaran secara online. Maka anda harus bisa membiasakan diri menggunakan aplikasi ini untuk proses pembelajaran atau keperluan tertentu.