6 Tips Penting Mengadakan Seminar Online

Setelah wabah Virus Corona melanda masyarakat, banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Hal ini karena risiko penularan virus lebih kecil apabila berbagai macam aktivitas diadakan secara virtual. Tak terkecuali dengan seminar yang dilakukan oleh berbagai lembaga atau universitas, yang kini dilakukan juga secara online. Sehingga muncul istilah bernama webinar. Jika anda termasuk pemula dalam membuat webinar, berikut tips penting yang perlu diketahui.

Cara Memulai Webinar yang Baik

1. Memastikan Koneksi Internet Stabil

Apapun yang dilakukan secara daring tentu membutuhkan koneksi internet. Maka kunci awal kesuksesan webinar anda yaitu memiliki koneksi internet yang tinggi serta stabil. Hal ini sangat penting, karena penggunaan aplikasi tatap muka dengan video sangat berat dijalankan apabila tidak ada koneksi internet yang cepat. Jika anda tidak memilikinya, maka peserta akan kecewa karena melihat video yang putus-putus atau tidak jelas kualitas gambarnya.

Mengadakan Seminar

2. Mengetahui Aplikasi yang Mendukung

Setelah memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil, maka anda perlu mengetahui aplikasi apa yang anda butuhkan untuk membuat suatu webinar. Aplikasi yang dimaksud yaitu aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan video tatap muka dengan banyak orang sekaligus. Di antaranya yaitu aplikasi Zoom, Google Meet, On Stream, MegaMeeting, GoTo Webinar, ClickWebinar, Skype, ReadyTalk, omNovia, iLinc, BrainShark, Adobe Connect hingga Blackboard Collaborate.

3. Buat Website atau Landing Page

Jika membuat sebuah webinar merupakan hal yang pertama bagi anda, maka website adalah elemen yang penting. Karena kebanyakan orang akan melihat anda pertama kali melalui website terlebih dahulu, untuk memastikan apakah webinar yang akan anda lakukan layak dan membuat mereka tertarik atau tidak. Maka buatlah sebuah website yang berisi dengan konten-konten yang sesuai dengan tujuan dari webinar yang anda tawarkan.

4. Buat Artikel pada Website

Orang-orang yang baru pertama mengenal anda, tentunya membutuhkan referensi mengenai diskusi yang nantinya akan anda bawakan. Referensi tersebut akan mereka cari melalui website yang telah anda buat. Mereka akan mulai mencari materi, naskah, ataupun artikel di dalam website tersebut sebelum akhirnya mengikuti webinar yang anda adakan. Maka buat artikel yang menarik mengenai webinar anda pada website yang sudah anda buat sebelumnya.

5. Memperbaiki Kualitas Public Speaking

Jika anda tidak terbiasa berbicara di depan umum, tetap jangan takut untuk mencoba pekerjaan ini. Anda dapat berlatih terlebih dahulu, baik berlatih sendiri di depan cermin atau berlatih dengan orang lain. Anda bisa mencoba membawakan materi seminar terlebih dahulu di depan keluarga atau teman dekat anda. Maka lama kelamaan kemampuan public speaking anda pun bisa terasah. Kemampuan ini nantinya akan menjadi salah satu poin penting dalam webinar.

Seminar Zoom Meeting Untuk Pembelajaran zoom 3

6. Belajar Memilih Topik

Pada semua diskusi, apapun itu, dibutuhkan sebuah topik di dalamnya. Tanpa adanya topik, maka diskusi akan berjalan tanpa arah dan tujuan. Dan pekerjaan ini membuat anda harus pandai dalam memilih topik. Anda bisa memilih salah satu tren yang sedang berkembang sebagai topik dalam webinar. Atau anda juga dapat memilih topik yang sekiranya memiliki peminat yang banyak dan merupakan topik yang tidak akan selesai untuk dibahas. Salah satunya seperti topik motivasi.

Pekerjaan membuat webinar ini bisa anda lakukan di rumah dan di waktu senggang. Anda bahkan bisa bebas menentukan kapan dimulainya webinar tersebut. Namun carilah waktu dimana kebanyakan orang bisa menyimak webinar anda, misalnya pada waktu akhir pekan. Selain berguna untuk anda, pekerjaan ini juga berguna untuk orang lain. Karena anda dapat mengangkat materi atau topik yang bermanfaat untuk hidup banyak orang.